Powered By Blogger

Selasa, 11 Januari 2011

TAMAN BUNGA NUSANTARA





Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata agro yang terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Luas taman keseluruhan 23 hektar yang dipenuhi keindahan display warna dan bentuk bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. Masa hidup tanaman berkisar antara 2 sampai 3 bulan sehingga akan memberikan nuansa yang berbeda kepada pengunjung yang berulang kali datang ke sana. Di sini terdapat aneka taman bergaya internasional seperti Taman Perancis, Taman Amerika, dan Taman Mediterania.
Taman Bunga Nusantara memiliki wahana bermain anak-anak yaitu Alam Imajinasi dengan luas 7 hektar yang menampilkan aneka permainan yang menarik bagi anak-anak. Juga memiliki gedung serbaguna yaitu Saung Aki yang dapat menampung sampai dengan 600 orang dan fasilitas villa Saung Nini.
Maskot Taman Bunga Nusantara
Angsa hitam atau Cignus atratus merupakan maskot taman ini yang dipilih karena daya tahan tubuhnya yang sangat baik, mudah berinteraksi, dan dapat berkembang biak dengan pesat di luar habitat aslinya. Angsa hitam ini juga merupakan simbol dari Taman Bunga Nusantara sebagai wisata agro yang berbasis kepada potensi flora dan fauna yang hidup saling berinteraksi secara harmonis dan berkembang untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan.
Taman Air
Tatanan warna tanaman air yang indah dengan bentuk yang unik, seperti aneka teratai air, Blue Thalia, serta Lotus. Juga tanaman unik khas Amerika Selatan yaitu teratai raksasa atau Victoria amazonica serta Giant Arum yang mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai pohon pisang.
Taman Labyrinth
Dengan luas 1 hektar dan pangkasan tanaman terang bulan, pengunjung dapat mengitari dan berlomba untuk segera mencapai pusat Taman Labyrint yang menjanjikan keindahan panorama. Bentuk taman diilhami oleh legenda Theseus yang melakukan pencarian monster Minotour di tengah jalan tak berujung.
Taman Bali
Replika Bali ditampilkan di sini, mulai dari Candi Bentar atau Gapura pintu masuk, Bale Bengong, Kul Kul, Aling-aling, aneka patung khas Bali dan ragam tanaman tropis berdaun dan berbunga indah seperti kembang kemboja, hibiscus, dan aneka heliconia.
Danau Angsa
Mute Swan atau Angsa Putih yang dulu hanya diperkenankan dipelihara oleh kalangan Kerajaan Inggris, Black Swan perlambang cinta abadi serta unggas menarik lainnya yang didatangkan dari Australia dan Eropa ditempatkan di lokasi Danau Angsa. Di sini pengunjung juga dapat melihat ribuan ikan jinak yang saling berinteraksi dan hidup harmonis dengan aneka unggas.
Rumah Kaca
Bangunan ini didominasi oleh 3.000 panel kaca yang melindungi 2.000 meter persegi dibuat oleh ahli rumah kaca dari negeri Belanda. Di sini ditampilkan aneka warna bunga indah yang membutuhkan perawatan yang seksama. Pengunjung dapat menemukan ragam fungsi rumah kaca yang dapat mengatur kondisi suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya, sehingga tanaman dapat bertumbuh-kembang dengan sangat baik.
Taman Bunga Nusantara yang memiliki jam buka Senin-Jumat 08.00–17.00 dan Sabtu, Minggu, Libur Nasional 08.00–17.30 WIB, juga memiliki Rafflesia Mini Theater, Lokasi Piknik, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar